Resiko Toksoplasma pada ibu hamil

Anda mempunyai hewan peliharaan dirumah? Berhati-hatilah, apalagi jika anda sedang hamil karena bisa jadi hewan peliharaan anda bisa menularkan virus toksoplasma yang bisa berdampak pada perkembangan kehamilan dan janin.

Apa itu toksoplasma ? toksoplasma adalah penyakit yang dibawa oleh binatang yang terinfeksi virus toksoplasma, yang biasanya terdapat dikotoran maupun pada tubuh binatang.
Beberapa binatang yang dapat beresiko menularkan adalah seperti binatang unggas : bebek, ayam, dan burung bahkan kucing disebut juga dapat menularkan virus toksoplasma. Selain binatang sayuran juga bisa menularkan virus ini. Bagaimana cara penularannya dapat terjadi dari penggunaan pupuk kandang yang digunakan untuk menumbuhkan sayuran. Faktor memakan makanan setengah matang juga bisa menyebabkan ibu hamil beresiko terkena virus toksoplasma, oleh sebab itu sebaiknya cucilah sayuran dengan bersih sebelum dimasak dan jangan memakan makanan yang setengah matang.
Pentingnya menjaga kebersihan merupakan faktor penting terhindarnya dari virus ini.
Apa bahaya dari virus toksoplasma bagi ibu hamil? Apabila ibu hamil terkena virus toksoplasma ditubuhnya maka bisa berakibat buruk terhadap perkembangan janin sehingga bayi yang lahir bisa mengalami kelahiran prematur, dan dampak yang lain bahkan bisa mengakibatkan keguguran.
Sebagai pasangan suami isteri sudah seharusnya bersama-sama menjaga pola hidup bersih, jika dirumah kita mempunyai binatang peliharaan sebaiknya kita rutin membersihkan binatang peliharaan, baik kandangnya serta kotorannya.
Untuk mengetahui virus ini sebaiknya ibu hamil tiap 2-3 bulan sekali bisa memeriksakan diri kita kepada dokter kandungan, hal ini sangat penting mengingat bahaya yang ditimbulkan akibat dari virus toksoplasma. Memeriksakan diri kepada dokter sangat penting selain kita tahu perkembangan kehamilan biasanya seorang dokter memberikan berupa vitamin dan obat-obatan yang berguna baik untuk kesehatan ibu dan janinnya, seorang ibu hamil juga harus mampu menjaga asupan nutrisi sehari-hari agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada ibu dan janin. Pentingnya menjaga asupan nutrisi bagi ibu hamil hal ini diharapkan agar pertumbuhan janin sesuai dengan target lahir normal.
Semoga informasi ini bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resiko Toksoplasma pada ibu hamil"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Sesuka Hatimu Mengenai Artikel Diatas, Tapi Ingat Jangan Berkomentar Tentang Perjudian, SARA dan PORNO. Terutama Komentar SPAM akan langsung di Hapus dan Silahkan Juga Meninggalkan Link Kalian disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel