Alasan pemberian antibiotik

Pemberian antibiotik yang diberikan kepada pasien oleh seorang dokter biasanya mempunyai alasan kenapa obat antibiotik itu diberikan.? Secara umum yang kita ketahui antibiotik berfungsi sebagai pembasmi bakteri yang menyebabkan seseorang mengalami infeksi didalam tubuhnya.

Indikasi penggunaan antibiotik harus berdasarkan keadaan dari pasien, kebanyakan dari kita beranggapan bahwa demam merupakan adanya infeksi didalam tubuh kita. Demam memang merupakan salah satu tanda infeksi, namun apabila seseorang mengalami demam belum tentu itu suatu kepastian terjadinya infeksi.
Untuk memastikan seseorang itu mengalami infeksi atau tidak maka harus diperiksa dan diteliti melalui pemeriksaan darah dilaboratorium. Hal itu sangat penting dilakukan agar ketepatan pemberian antibiotik tidak salah sasaran. Jika hasil pemeriksaan darah menunjukkan ada nilai yang tidak normal atau menunjukkan adanya tanda-tanda infeksi barulah boleh diberikan antibiotik dan tentunya harus berdasarkan pengawasan oleh dokter. Satu-satunya alasan penggunaan antibiotik adalah penyakit infeksi yang disebabkan bakteri, dengan atau tanpa demam.
Penggunaan antibiotik bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder tidak dibenarkan menggunakan antibiotik secara universal dengan maksud bertujuan mencegah timbulnya jenis bakteri yang tidak dapat kita ketahui sebelumnya.
Apa saja keuntungan dan kerugian dari penggunaan antibiotik.?
Keuntungan pengunaan antibiotik :
Penggunaan antibiotik pada keadaan dalam kondisi demam memang tidak bisa dipastikan tepat sasaran atau tidak, namun dalam keadaan tertentu apabila antibiotik mengenai sasaran hal itu merupakan suatu yang kebetulan karena dosis dan jenis obatnya harus kebetulan cocok.
Kerugian penggunaan antibiotik :
Semakin banyak penggunaan antibiotik maka semakin besar pula resiko terjadinya resisten obat terhadap bakteri atau kebal terhadap bakteri, dan penggunaan antibiotik yang meningkat bisa juga meningkatkan resiko efek samping dari obat.
Penggunaan antibiotik tidak boleh sembarangan hal itu sangat perlu diketahui agar kita tidak mengalami resiko efek samping obat yang tidak tepat sasaran dan yang lebih penting lagi tubuh kita terhindar dari resisten terhadap obat antibiotik.
Jagalah pola hidup sehat, ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati
Semoga informasi ini bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alasan pemberian antibiotik"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Sesuka Hatimu Mengenai Artikel Diatas, Tapi Ingat Jangan Berkomentar Tentang Perjudian, SARA dan PORNO. Terutama Komentar SPAM akan langsung di Hapus dan Silahkan Juga Meninggalkan Link Kalian disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel