Pengertian Penyakit SInusitis

Hidung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital dan berfungsi untuk pernafasan manusia, coba anda bayangkan jika mengalami gangguan seperti pilek dan hidung tersumbat tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bukan.

Pilek dan hidung tersumbat bisa dialami oleh siapa saja, namun jangan sampai kita menganggap remeh pilek yang lebih dari satu minggu karena bisa jadi itu merupakan tanda dan gejala anda terkena sinusitis.
Apa itu sinusitis? Pengertian sinusitis adalah suatu radang sinus paranasal atau terjadinya infeksi / peradangan pada tulang sinus. Tulang sinus sendiri terletak di daerah sekitar hidung, tulang yang berongga sehingga mudah dimasuki kuman sehingga dapat menyebabkan terjadinya sinusitis.
Sinusitis terbagi menjadi 3 :
1.    Sinusitis akut, bila infeksi terjadi beberapa hari sampai beberapa minggu
2.    Sinusitis subakut, bila infeksi beberapa minggu sampai beberapa bulan
3.    Sinusitis kronik, bila infeksi beberapa bulan sampai beberapa tahun.
Apa penyebab dari sinusitis ?
Sinusitis bisa disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan pada kasus sinusitis terjadi akibat terinfeksi oleh bakteristreptococus pneumoniae danhaemophilus influanzae. Namun dari penyebab utama diatas yang perlu kita pahami juga adalah ada penyebab lain seperti, pernah mengalami trauma/benturan pada hidung, adanya deviasi septum, tumor, polip, terkena udara dingin dan kering, asap rokok dan debu.
Apa tanda dan gejala dari sinusitis ?
Pada dasarnya sinusitis dirasakan memiliki tanda dan gejala berupa adanya perasaan lemas, demam dan bahkan demam tinggi, keluhan hidung mudah tersumbat, ingus yang kental dan disertai munculnya bau tidak sedap pada saluran hidung. Sakit kepala biasa juga sering dirasakan, apalagi ketika menunduk maka akan merasakan peningkatan nyeri.
Nyeri juga bisa terjadi didaerah bola mata, nyeri pada daerah dahi sampai ketelinga, dan apabila pada stadium lanjut penderita sinusitis sering mengalami bersin - bersin dan terasa gatal di sekitar mata, pembengkakan didaerah muka.
Pengobatan pada sinusitis:
Pemberian obat pada sinusitis biasanya diberikan untuk bertujuan memperlancar proses pengeluaran sekret dalam hidung, selain itu indikasi pemberian antibiotik bisa diberikan apabila sudah dipastikan mengalami peradangan pada sinus. Pemberian antibiotik biasanya dilakukan sampai gejala hilang.
Untuk meredakan nyeri biasanya juga diberikan analgetik, namun sebaiknya pemberian analgetik seperlunya saja diberikan dengan catatan jika nyeri hebat, karena apabila terlalu sering minum obat analgetik efek sampingnya bisa mengiristasi lambung.
Jika pemberian obat – obatan tidak menunjukkan perbaikan maka dilakukan irigasi cairan NaCl guna membantu pemindahan aliran sekret pada rongga hidung. Setelah tindakan irigasi belum berhasil juga maka penderita akan dirujuk ke rumah sakit untuk dilakukan tindakan pembedahan operasi pada sinus.
Jika ada yang pernah mengalami dengan kondisi tersebut sebaiknya periksakan diri agar mendapat tindakan yang tepat.
Semoga informasi ini bermanfaat...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Penyakit SInusitis"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Sesuka Hatimu Mengenai Artikel Diatas, Tapi Ingat Jangan Berkomentar Tentang Perjudian, SARA dan PORNO. Terutama Komentar SPAM akan langsung di Hapus dan Silahkan Juga Meninggalkan Link Kalian disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel