Karakteristik warna urine menentukan kesehatan anda

Setelah kita minum air putih yang banyak biasanya kita akan merasakan ingin buang air kecil. Air seni / urine sendiri merupakan proses sisa zat racun dalam tubuh manusia. Baik atau buruknya kualitas kesehatan kita bisa dilihat dari warna urine, ada beberapa kriteria penilaian warna urine menurut karakteristik warnanya.

1.     Jernih
Apabila warna urine / air seni anda berwarna bening maka sudah bisa dipastikan kesehatan anda baik – baik saja dalam artian sehat.
2.    Kuning menyala
Jika urine anda berwarna sangat kuning terang biasanya kondisi seperti ini mengarah kepada kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk mencegah terjadinya gangguan pada organ ginjal maka sebaiknya anda minum sesuai kebutuhan guna mengganti cairan yang kurang.
3.    Orange pekat
Pada urine yang terlihat berwarna orange pekat hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada organ hati dan saluran pencernaan. Jika anda sedang mengalami kondisi seperti ini maka anjurannya sangat simpel saja yaitu perbanyak minum air putih, namun jika setelah minum air putih kondisi masih tetap sama harus waspada bisa saja kondisi demikian mengindikasikan adanya gangguan pada ginjal dsb. Untuk menjaga kesehatan sebaiknya periksakan diri kepada layanan kesehatan terdekat.
4.    Biru kehijauan
Kondisi urine yang berwarna demikian maka harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, hal ini bisa mengindikasikan mengalami infeksi yang disebabkan oleh infeksi pseudomonas. Jika dibiarkan maka sangat membahayakan kesehatan oleh karena itu biasanya kondisi seperti ini harus mendapatkan pengobatan berupa pemberian antibiotik oleh dokter.
5.    Keruh
Apabila warna urine anda saat ini sedang keruh dan merasakan frekuensi buang air kecil yang cukup sering / meningkat bisa jadi saat ini anda mengalami infeksi saluran kemih. Pada kondisi dengan warna urine yang keruh sebaiknya kita jangan mengabaikan kondisi demikian. Kondisi dengan air urine berwarna keruh jika tidak mendapatkan penanganan atau pengobatan yang baik maka infeksi tersebut dapat menyebabkan komplikasi.
Untuk menjaga kesehatan dan agar warna urine kita bening/jernih cara sangat mudah rajinlah mengkonsumsi air putih, minumlah air putih secara teratur minimal 8 gelas sehari dan hindarilah meminum alkohol dan makanan berbahan pengawet.
Semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Karakteristik warna urine menentukan kesehatan anda"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar Sesuka Hatimu Mengenai Artikel Diatas, Tapi Ingat Jangan Berkomentar Tentang Perjudian, SARA dan PORNO. Terutama Komentar SPAM akan langsung di Hapus dan Silahkan Juga Meninggalkan Link Kalian disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel